9 Tugas Kasir Indomaret dan Kualifikasinya

Menjadi kasir Indomaret tentu bukanlah hal yang mudah, karena ternyata ada banyak sekali tugas kasir Indomaret yang harus dilakukan. Karena itu dibutuhkan kualifikasi yang mumpuni juga untuk dapat mengisi tugas tersebut. Kamu juga harus paham tugas kasir indomaret agar tidak salah.

Semua tugas kasir indomaret akan dijelaskan di artikel ini dengan detail. Jadi kamu tidak usah khawatir dan kebingungan jika ingin menjadi kasir indomaret.

9 Tugas Kasir Indomaret Beserta Kualifikasinya

Seperti yang dikatakan tadi kalau ternyata tugas kasir Indomaret sangat banyak. Tidak hanya sekedar melayani pembeli, tapi juga mencatat kas dan memegang amanah uang di kasir. Kemudian apa saja tugas yang harus dilakukan? Simak lengkapnya di bawah ini. 

1. Melayani Transaksi Pembeli

Tugas kasir yang utama tentu saja melayani transaksi pembelian yang dilakukan oleh pembeli. Mulai dari pembelian barang, pulsa, top up e-wallet, top up e-commerce, dan pembayaran e-commerce yang dapat dilakukan melalui minimarket.

Kasir yang akan bertugas memindai belanjaan pembeli, menghitung, dan mentotal semua belanjaan yang dimilikinya. Pekerjaan seperti ini memang terlihat sederhana, tapi kalau kurang teliti maka dampaknya adalah kerugian yang lumayan. 

2. Menghitung Total Belanja Pembeli

Hal ini sudah disinggung sebelumnya bahwa kasir bertugas untuk melakukan pemindaian dan mentotal berapa belanjaan pembeli yang dimiliki. Hal seperti ini masih lumrah dilakukan di Indonesia, karena memang kegiatan pembayaran masih dilayani dan belum self service. 

Tentunya hal ini harus dilaksanakan dengan cepat, karena kalau tidak akan membuat antrian semakin panjang. Oleh sebab itu seorang kasir harus memiliki sifat yang cekatan, dan teliti untuk dapat melakukan perhitungan dengan cepat dan tepat. 

3. Membungkus Barang 

Karena sifatnya masih dilayani, dan belum self service maka pada beberapa kasir di Indomaret masih membungkus barang belanjaan milik pelanggan. Dahulu membungkus barang ini dilakukan di kantong plastik, sekarang di kardus ataupun di kantung belanjaan.

Hal ini dikarenakan penggunaan kantong plastik sudah dilarang di beberapa daerah di Indonesia, dan kasir harus berani mengatakan hal tersebut. Sebagai gantinya pelanggan dapat membayar tas belanjaan yang dapat digunakan berkali-kali mulai dari harga Rp 5ribu. 

4. Menawarkan Promo

tugas kasir indomaret

Indomaret tidak jarang melakukan promo dan terkadang banyak pelanggan yang tidak menyadari promo tersebut. Di situ salah satu tugas kasir Indomaret, yakni menawarkan promo kepada pelanggan supaya pelanggan tertarik dan mengambil promo tersebut.

Biasanya promo ditawarkan di tengah proses pembayaran, dari mulai potongan harga, tebus murah, dll semuanya ditawarkan. Selama menawarkan promo ini, mereka juga akan menunjukkan barang yang dimaksud supaya pelanggan menjadi lebih tertarik. 

5. Memberikan Informasi 

tugas kasir indomaret

Tidak hanya promo, tapi kasir Indomaret juga harus memberikan informasi entah itu kebijakan baru, atau hal lain yang memang harus diketahui oleh pelanggan. Biasanya pembeli yang ingin mengetahui informasi juga akan bertanya kepada kasir Indomaret.

Oleh karena itu penting bagi kasir untuk mengetahui beberapa informasi penting yang kiranya akan ditanyakan oleh pembeli. Supaya nanti ketika ditanyakan pihak kasir dapat menjawab dengan baik, dan memberikan informasi sesuai keinginan pembeli. 

6. Mencatat Kas

tugas kasir indomaret

Catatan pengeluaran, dan pemasukan (arus kas) sangat penting untuk kemajuan sebuah usaha. Apabila catatan kasnya tidak jelas, maka usaha akan menjadi berantakan dan bukan tidak mungkin menjadi bangkrut. 

Oleh karena itu setiap kasir yang sedang berjaga di Indomaret dituntut untuk mencatat kas yang terjadi selama dirinya bertugas. Minimalisir adanya kesalahan pencatatan, supaya tidak terjadi error dan miss dalam laporan yang dibuat.

7. Melakukan Pengecekan Stok Produk

tugas kasir indomaret

Kasir harus rutin juga melakukan pengecekan terhadap stok produk yang ada, dan memastikan stoknya masih aman. Apabila dirasa sudah mencapai batas tertentu, maka tidak ada salahnya untuk melakukan pemesanan terhadap produk tersebut. 

Jangan sampai ketika customer mencari, malah produk tersebut tidak ada dan akibatnya customer menjadi malas berbelanja. Karena itu pada saat membuat laporan bulanan, kasir juga harus melakukan pengecekan terhadap stok produk yang ada. 

8. Memegang Amanah Uang di Kasir

tugas kasir indomaret

Pekerjaan kasir merupakan pekerjaan yang menguji iman pelakunya, karena di situ pekerja akan dihadapkan dengan uang yang lumayan banyak. Pada saat itu imannya akan diuji, apakah kasir tersebut akan amanah atau tidak. 

Karena kalau tidak amanah, maka nantinya akan berkaitan dengan poin sebelumnya pada arus kas, yakni ketidak sinambungan antara barang yang terjual, dengan uang yang masuk. Nantinya kalau seperti itu, maka kasir yang akan diminta pertanggung jawabannya. 

9. Menangani Komplain

tugas kasir indomaret

Terakhir kasir Indomaret juga harus mampu menangani komplain pelanggan, yang biasanya akan disampaikan terlebih dahulu ke kasir. Karena kasir posisinya di depan jadi mudah dijangkau oleh pelanggan, dan dapat terlihat dengan mudah. 

Usahakan sebisa mungkin komplain tersebut dapat ditangani di bawah, tanpa harus dibawa ke atasan. Namun kalau memang permasalahannya sudah berat, maka tidak masalah untuk menyerahkan komplain tersebut kepada atasan yang lebih berhak. 

Kualifikasi Kasir Indomaret

Setelah mengetahui apa saja tugas kasir Indomaret, maka sekarang saatnya untuk mengetahui kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang kasir Indomaret. Berikut ini adalah beberapa kualifikasi yang dibutuhkan, diantaranya.

1. Kemampuan Berkomunikasi

Pertama adalah kemampuan kasir dalam berkomunikasi. Karena memang kemampuan komunikasi merupakan hal paling utama yang dibutuhkan untuk berhadapan dengan berbagai macam tipe dan jenis  pelanggan setiap harinya yang tentunya membutuhkan penanganan berbeda-beda. 

2. Mahir Menggunakan Komputer

Selanjutnya adalah kasir harus memiliki kemampuan menggunakan komputer sampai pada tahap mahir. Apalagi dengan dunia kasir yang sudah modern dan semuanya serba menggunakan komputer, tentunya kemampuan seperti ini merupakan hal dasar yang harus dimiliki. 

3. Cekatan

Kualifikasi yang harus dimiliki selanjutnya adalah cekatan dalam bekerja. Karena kalau kasir memiliki sifat yang cekatan, maka akan sangat disukai oleh pelanggan dan juga pihak atasan sebab mampu bekerja multitasking, namun tetap teliti. 

4. Memahami Pembukuan

Tadi disebutkan bahwa salah satu tugas dari kasir Indomaret adalah membuat pembukuan arus kas. Oleh karena itu salah satu kualifikasi yang harus dimiliki oleh seorang kasir Indomaret adalah memahami pembukuan. 

5. Teliti

Pekerjaan kasir bukanlah pekerjaan yang mudah, karena harus menyesuaikan antara barang yang dibeli dengan uang yang masuk di kasir. Oleh sebab itu seorang kasir harus memiliki sifat yang teliti supaya tidak terjadi miss pada saat melakukan pekerjaannya. 

6. Sabar  

Selanjutnya adalah sabar, dan sabar dalam hal ini mengenai banyak hal. Mulai dari sabar menghadapi customer, sampai sabar ketika melakukan pencatatan pada kasir. Karena itu salah satu kualifikasi yang harus dipenuhi oleh sabar. 

7. Jujur dan Amanah 

Tadi sedikit disinggung bahwa pekerjaan kasir ini susah-susah gampang, terutama ketika berkaitan dengan amanah terhadap uang yang harus dipegang. Oleh sebab itu ketika hendak menjadi kasir, calon pekerja wajib memastikan memiliki sifat yang jujur dan amanah.  

8. Berkelakuan Baik 

Terakhir memiliki kelakuan baik yang dibuktikan dengan surat SKCK yang dikeluarkan oleh kepolisan. Surat ini membuktikan bahwa kasir tidak pernah melakukan tindakan kriminal sebelumnya. 

Jadi bagaimana, ternyata tugas kasir Indomaret tidak hanya sekedar menghitung dan memasukkan barang saja. Jadi tidak heran jika kualifikasi yang dimilikinya lumayan tinggi.

Leave a Comment