Tugas dan Gaji Casual Hotel Berdasarkan Bagiannya

Pekerja casual merupakan seseorang yang bekerja untuk beberapa waktu saja bila dibutuhkan, misalnya pekerja casual di hotel. Biasanya casual hotel dibutuhkan untuk menggantikan sementara posisi pegawai tetap yang sedang tidak bisa bekerja. Atau  ketika hotel sedang ramai pengunjung. Bisa juga saat ada event besar berlangsung di hotel, dimana casual hotel dibutuhkan untuk membantu kekurangan pegawai hotel. Artikel ini akan bahas secara detail gaji casual hotel.

Menjadi casual hotel bisa jadi pengalaman menarik buat kamu yang ingin mengisi waktu luang atau masa liburan kuliah. Meskipun hanya bekerja beberapa hari, namun kamu juga akan digaji berdasarkan bagiannya.

Ada beberapa bagian atau posisi di hotel yang membutuhkan tenaga casual, seperti bagian housekeeping, front office, cook helper dan lainnya. Karena casual hotel ini bekerja hanya sesaat dan bersifat sementara, mereka juga biasanya bekerja tidak lebih dari 30 hari. Gaji atau upah pun dihitung dengan sistem harian. 

Lalu, berapa kira-kira gaji casual hotel per harinya? Berikut informasi mengenai besaran gaji untuk pekerja casual hotel sesuai bagiannya.

Gaji Casual Hotel

Terdapat beberapa bagian di hotel yang membutuhkan tenaga casual yaitu bagian housekeeping, front office, waitress, sales, banquet dan cook helper. Mereka digaji berbeda sesuai dengan bagiannya masing-masing. Lebih jelasnya, berikut tugas dan besaran gaji dari masing-masing bagian casual hotel: 

1. Gaji Casual Hotel Bagian Housekeeping

Bagian housekeeping bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan terbaik pada para tamu hotel, dengan membersihkan serta merapikan kamar tamu dan seluruh bagian hotel seperti toilet, public area, restroom, lobby, hingga taman. Perlengkapan kamar dan kamar mandi seperti handuk juga tak luput dari pengecekan bagian housekeeping, dimana ia harus memastikan kelengkapan tersebut tersedia di setiap kamar hotel. 

Menjadi casual hotel housekeeping termasuk cukup berat dan melelahkan. Karena dapat dipastikan pekerjaannya akan selalu padat. Peralatan kerja yang dibutuhkannya juga banyak.

Untuk mempercepat pekerjaannya, housekeeping biasanya bekerja secara tim dan bekerja secara shift. Selain itu housekeeping juga harus punya kemampuan komunikasi yang baik. Karena, bila tamu membutuhkan sesuatu, maka bagian housekeeping harus siap membantunya. 

Housekeeping juga harus bersikap ramah seperti selalu menyapa tamu hotel. Hal ini dilakukan tentunya agar para tamu hotel merasa nyaman dan tersanjung dengan keramahan housekeeping.  Adapun gaji casual hotel bagian housekeeping ini berkisar antara Rp.70.000 – Rp.90.000 per harinya. 

2. Gaji Casual Hotel Bagian Front Office

Bagian front office merupakan bagian yang banyak dicari untuk casual hotel. Dimana bagian ini harus siap setiap saat bila ada tamu. front office diibaratkan wajah bagi sebuah hotel. Sehingga dituntut harus mampu memberikan pelayanan maksimal dan memuaskan untuk para tamu. 

Bagian front office hotel memiliki tugas yang cukup banyak. Mulai dari menerima tamu, lalu melayani keperluan tamu, memberikan informasi ketersediaan kamar, fasilitasnya dan juga tarifnya, check-in, check-out, memverifikasi identitas tamu, mengurus tagihan tamu serta melakukan penawaran produk hotel.

Selain itu, bagian front office juga bertanggung jawab untuk bisa membantu menyelesaikan permasalahan dari tamu, bila ada keluhan atau pelayanan yang tidak sesuai. Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi yang baik juga dibutuhkan bila ingin menjadi casual hotel bagian front office. Adapun besaran gaji yang didapat casual hotel front office yakni berkisar  Rp.75.000 hingga Rp.100.000 per hari.

3. Gaji Casual Hotel Bagian Waitress

Waitress adalah bagian yang melayani dan membantu kebutuhan tamu berkaitan dengan restoran. Saat tamu datang, waitres bertugas memberikan pilihan menu pada tamu lalu  mencatatnya serta memberikannya pada bagian memasakan. Setelah makanan jadi, lalu waitress membawa dan menyajikannya kepada tamu.

Jika tamu meminta menu tambahan atau kebutuhan makan minum lainnya, maka dapat meminta kepada waitress. Tugas waitress memang tidak mudah dan tanggung jawabnya juga cukup besar. Karena dituntut untuk bisa melayani tamu dengan profesional. Bila waitress profesional, maka pasti akan bisa memberikan pengalaman yang baik bagi tamu hotel. Gaji casual hotel bagian waitress berkisar Rp.70.000 – Rp.85.000 per hari.

4. Gaji Casual Hotel Bagian Sales

Sales hotel bertugas memberikan penawaran dan penjualan produk hotel. Menawarkan penjualan produk hotel tidaklah mudah. Butuh strategi khusus serta tepat sasaran dari produk yang ditawarkan. Bekerja untuk menjadi casual sales di hotel harus bisa  membantu mencapai target penjualan. Dalam hal ini biasanya akan dibantu seorang Sales Eksekutif dengan memberikan pengarahan mengenai target yang harus dicapai.

Menjadi sales hotel harus bisa memberikan panduan atau informasi mengenai produk hotel dan fasilitasnya pada publik maupun perusahaan. Produk hotel yang ditawarkan sales berupa kamar tidur, meeting room dan venue yang dapat disewa untuk acara besar seperti wedding atau seminar. 

Biasanya sales hotel juga akan memberikan penawaran paket santapan restoran untuk kebutuhan tamu. Jadi, laku tidaknya sebuah hotel tergantung juga pada kesuksesan kinerja dari seorang sales hotel. 

Untuk itu, bila ingin menjadi seorang casual hotel bagian sales maka harus terbiasa bekerja  berdasarkan target, mengingat tugasnya tidak mudah dalam mencapai target. Selain itu, sales hotel juga harus bisa membuat laporan harian mengenai aktivitas apa saja yang dilakukan. Untuk besaran gajinya casual hotel bagian sales ini berkisar antara Rp.80.000 – Rp.110.000 per hari.

5. Gaji Casual Hotel Bagian Banquet

Pekerja hotel bagian Banquet adalah orang yang membantu keperluan bila ada acara event besar meeting, wedding dan sebagainya. Dan tugas banquet adalah mendekorasi gedung, menyiapkan jamuan para tamu dan sebagainya untuk event tersebut. 

Biasanya casual hotel bagian banquet hanya bekerja beberapa hari saja, selama event besar berlangsung. Untuk menjadi casual hotel bagian banquet harus paham dengan benar bagaimana persiapan dan pelaksanaan event sesuai rencana. Adapun besaran gaji dari casual hotel bagian banquet ini berkisar Rp.80.000 – Rp.120.000 per hari.

6. Gaji Casual Hotel Bagian Cook Helper

Cook helper merupakan bagian yang berperan penting di sebuah hotel. Seorang cook helper harus memahami kebutuhan dalam memasak. Mulai dari menyiapkan alat masak, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak sekaligus bertanggung jawab dengan stock bahan masakan. 

Tak hanya itu seorang cook helper juga harus bisa merapikan kembali peralatan yang digunakan setelah memasak. Bila chef membutuhkan bantuan, maka seorang  cook helper harus selalu siap membantu. Gaji casual hotel bagian cook helper berkisar Rp.85.000 – Rp.120.000 per hari. 

Tunjangan Casual Hotel

Untuk tunjangan sendiri, seorang yang bekerja menjadi casual hotel tidak akan mendapatkan tunjangan. Karena pekerja casual bukanlah karyawan tetap. Casual hotel bekerja dalam beberapa hari saja, tentu tidak akan mendapat tunjangan.  

Tapi, bisa saja seorang casual hotel mendapat tambahan gaji diluar dari besaran gaji harian yang disepakati di awal. Namun tentunya besaran tambahan gaji itu tergantung dari kebijakan pihak hotel. 

Nah, itulah informasi mengenai gaji casual hotel berdasarkan masing-masing bagiannya. Bagaimana, tertarik menjadi casual hotel? 

Leave a Comment