Gaji Engineering Hotel Tugas dan Kualifikasinya

Ingin berkarir sebagai engineering di hotel? Ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu gaji engineering hotel, tugas, dan kualifikasi yang dibutuhkannya. Supaya calon pegawai dapat mempersiapkan diri mendapatkan pekerjaan ini. 

Gaji Engineering Hotel

Hal pertama yang akan dibahas adalah gaji engineering di hotel. Tentunya gaji dari pekerjaan ini berbeda-beda setiap hotelnya. Hal ini dapat tergantung lokasi, dan juga bintang dari hotel tersebut. 

Namun berikut ini akan diberikan rincian gaji dari engineering hotel berdasarkan bintang hotel tempatnya bekerja, diantaranya.

engineering hotel

1. Hotel Bintang 5

Tentu saja kalau bicara tentang hotel bintang 5, maka semua hal yang disediakan sudah yang paling baik. Karena itu pekerja yang dimilikinya harus memiliki keterampilan tinggi untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik, dan memuaskan pelanggan. 

Hal itu juga berlaku untuk engineering nya, dimana engineering  di hotel ini harus memiliki kemampuan yang tinggi untuk memastikan semua alat, mesin, dan instalasi berjalan dengan baik. karena tugasnya yang lumayan berat, maka rata-rata gaji yang akan diterima Rp 10 – 12 juta. 

Engineering pada hotel bintang ini harus bergerak cepat, apabila terjadi kerusakan ataupun adanya deteksi kerusakan maka harus segera diselesaikan dengan cepat. Tujuannya agar tidak menganggu pelanggan. 

2. Hotel Bintang 4

Meskipun tidak semewah hotel bintang 5, namun hotel bintang 4 ini juga memiliki fasilitas yang tidak kalah mumpuni. Karena itu tetap dibutuhkan pekerja yang mampu untuk mengurus semua alat, sarana, dan prasarana yang berkaitan dengan fasilitas hotel tersebut. 

Selain itu pengalaman engineering di hotel bintang ini juga dituntut untuk memiliki pengalaman yang tinggi. Kemampuan untuk segera bertindak dan mengambil keputusan ketika ada hal yang terjadi pada alat, ataupun sarana dan prasarana yang berkaitan dengan fasilitas.  

Karena memiliki tekanan yang tidak kalah tinggi, maka range gaji dari engineering pada hotel bintang 4 ini berkisar antara Rp 8 – 10juta. Lebih rendah sedikit, karena memang disesuaikan dengan harga kamar yang disediakan oleh hotel bintang ini.  

3. Hotel Bintang 3

Di hotel bintang 3 keterampilannya jelas tidak serumit hotel bintang 4, apalagi bintang 5. Namun bukan berarti engineering yang dimiliki hotel bintang 3 ini memiliki keterampilan yang remeh-temeh, karena nyatanya banyak yang juga menjadi tanggung jawabnya. 

Meskipun begitu tidak serumit bintang 4, dan 5 namun sedikit lebih tinggi dibanding hotel bintang 3. Engineering ini harus menjamin kalau mesin yang beroperasi di hotel berjalan dengan baik, dan semua fasilitas harus mampu memuaskan konsumen.  

Untuk gajinya sendiri sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan bintang 4, yakni Rp 4 – 6 juta. Hal ini sesuai dengan tuntutannya yang sedikit berbeda, dan biasanya fasilitas yang harus diperbaiki tidak serumit hotel bintang 4, maupun 5. 

4. Hotel Bintang 2

Engineering di hotel bintang 2 sebenarnya tidak terlalu banyak, karena biasanya alat mesin dan instalasi yang digunakan juga masih mendasar. Namun begitu, biasanya beberapa masih membutuhkan tenaga ini untuk memastikan semuanya lancar.

Biasanya di hotel bintang 2 gaji engineering ini tidak terlalu besar jika dibandingkan hotel dengan bintang yang lebih banyak. Biasanya gaji yang dapat diterima oleh engineering di hotel bintang 2 ini berkisar antara Rp 2,5 – 3 juta.

Gaji tersebut dinilai sesuai, karena tugas utama dari engineering hotel ini adalah melakukan checking  terkait dengan semua fasilitas yang ada. Namun tidak menutup kemungkinan apabila terjadi kerusakan, engineering akan memperbaikinya juga.   

Baca Juga: 20+ Bagian Kerja di Hotel yang Pasti Buka Lowongan Kerja

Tunjangan Engineering Hotel

engineering hotel

Banyak yang menanyakan apakah uang di atas sudah termasuk tunjangan, atau hanya gaji pokok saja? Jawabannya sesuai dengan hotel yang bekerja. Namun biasanya untuk tunjangan kesehatan dalam hal ini BPJS itu di luar dari gaji pokok tersebut.

Tapi kalau tunjangan lainnya seperti uang makan, dan uang transport kembali lagi sesuai dengan kebijakan hotel tempatnya bekerja. Namun pada beberapa hotel biasanya uang makan, dan transport sudah disatukan. 

Meskipun begitu sebenarnya gaji yang disebutkan di atas sudah cukup besar, hanya memang pembedanya terletak pada hotel tempatnya bekerja. Karena berbeda bintang hotelnya, maka berbeda juga tanggung jawab dan tugas yang dipegangnya.

Tentunya fasilitas antara hotel bintang 5 akan berbeda dengan hotel bintang 2, karena itu tugas dan tanggung jawab engineer akan berbeda. 

Tugas Engineering Hotel 

Setelah mengetahui berapa gaji engineering hotel berdasarkan bintang hotel tempatnya bekerja, maka sekarang saatnya untuk mengetahui hal apa saja yang menjadi tugas dari engineering hotel. Perlu digarisbawahi bahwa tugas yang dirinci di bawah ini diambil secara general. 

1. Penghematan Penggunaan Energi di Hotel

Engineering memiliki tugas utama salah satunya adalah memberikan masukan terkait dengan penggunaan fasilitas yang ada. saran ini biasanya berupa penghematan penggunaan, atau efisiensi penggunaan supaya tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya. 

2. Menangani Masalah pada Fasilitas Hotel 

Tentunya selain merawat mesin ataupun fasilitas hotel, engineer juga harus mampu menangani masalah apabila terjadi masalah pada alat, mesin, dan instalasi hotel. Karena tidak sembarang orang dapat menangani masalah ini. 

3. Pemeliharaan Fasilitas Hotel

Sesuai dengan yang dikatakan tadi bahwa engineer juga memiliki tugas untuk merawat alat, mesin, dan instalasi hotel yang berkaitan dengan fasilitas hotel. Perawatan ini penting dilakukan untuk memastikan fasilitas tetap berjalan dengan lancar dan memperpanjang umur guna fasilitas. 

4. Pengawasan Fasilitas Hotel 

Hal ini masih berkaitan, yaitu seorang engineer juga melakukan pengawasan terhadap fasilitas hotel. Nantinya apabila ada yang tidak sesuai, maka dapat langsung diperbaiki supaya fasilitas tersebut dapat kembali lagi seperti normal. 

5. Melindungi Biaya Investasi

Tugas selanjutnya untuk melindungi biaya investasi, supaya tidak terjadi kerugian pada pemegang saham suatu hotel. Segala kebutuhan harus diatur dengan baik, dan dilakukan perawatan supaya tidak mudah rusak dan lebih awet. 

6. Memaksimalkan Fasilitas Hotel 

Supaya tamu hotel menjadi lebih betah untuk menginap di hotel, maka tentunya fasilitas yang disediakan harus dalam kondisi yang optimal. Karena itu engineer wajib memaksimalkan fasilitas hotel, supaya pelayanannya ke tamu juga nantinya maksimal. 

7. Mengatur Segala Sesuatunya Berjalan Efisien dan Efektif

Selanjutnya seorang engineering juga harus mampu mengontrol operasional segala sesuatunya terutama pada hal alat, sarana, dan prasarana yang berkaitan dengan fasilitas supaya dapat lebih efisien penggunaannya jadi pengeluaran biaya juga dapat diminimalisir. 

Kualifikasi Engineering Hotel 

Pembahasan terakhir adalah seputar kualifikasi yang harus dimiliki oleh seorang engineering hotel. Karena tentunya tidak sembarang orang dapat melakukan tugas ini. 

  • Memahami tentang teknik, diusahakan merupakan lulusan teknik atau yang setara.
  • Kemampuan berbahasa Inggris.
  • Memiliki latar belakang MEP (mechanical, electrical, & plumbing).
  • Profesionalisme dalam bekerja, dan memiliki sifat yang teliti serta berorientasi pada detail.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik, dan bekerja sama dengan tim. 

Jadi bagaimana dengan gaji engineering hotel yang ditawarkan, dan tugas yang harus dipenuhi apakah pelamar sudah memenuhi kualifikasi dari pekerjaan tersebut? Kalau sudah, tidak ada salahnya untuk segera melamar di pekerjaan tersebut. 

Leave a Comment