Tugas Seorang Field Officer dan Keahlian yang Harus Dimiliki

Field Officer atau dapat diartikan sebagai petugas lapangan merupakan sebuah profesi yang biasanya bertugas dengan terjun langsung kelapangan menemui calon konsumen untuk menawarkan produk. Tugas seorang Field Officer juga sangat beragam.

Field Officer dapat dikatakan merupakan ujung tombak pemasaran. Mereka mencari orang atau pelaku usaha dan menawarkan kerjasama untuk menjadi bagian dari mereka. 

Field Officer juga bertanggung jawab untuk melakukan persiapan, identifikasi, serta pengelolaan kegiatan di lapangan berdasarkan rencana kerja

Seorang Field Officer juga bertanggung jawab untuk melakukan survey langsung ke lapangan guna memastikan produknya diterima di pasaran. 

Lebih jelasnya di bawah ini informasi lengkap mengenai tugas seorang Field Officer hingga keuntungannya bekerja dengan posisi tersebut.

Tugas Seorang Field Officer

Seorang Field Officer memiliki beberapa tugas serta tanggung jawab, seperti:

1. Menawarkan Produk Pada Pelanggan

Seorang Field Officer memiliki tugas utama untuk menawarkan produk langsung ke pelanggan. Dalam divisi Marketing Field Officer hampir sama dengan sales yang menawarkan produk langsung pada konsumen.

2. Menawarkan Kerjasama dengan Pelaku Usaha Untuk Memasarkan Produknya

Bukan hanya menawarkan langsung pada konsumen perorangan tapi Field Officer juga biasanya bertugas mencari pelaku usaha untuk menawarkan kerjasama atau bergabung untuk memasarkan produknya. Contohnya: Seorang Field Officer dari OVO yang bertugas mencari merchant untuk diajak bekerjasama menggunakan layanan/produk OVO. 

3. Mempromosikan Produk Langsung ke Pelanggan

Field Officer juga bertugas mempromosikan produk perusahaan langsung ke pelanggan. Di sini seorang Field Officer harus pandai berkomunikasi dan menggunakan kalimat yang menarik untuk mempromosikan produk agar pelanggan mau menggunakan produknya.

4. Menjelaskan dengan Detail Tentang Produk Pada Pelanggan.

Agar pelanggan dapat mengerti, memahami dan mau menggunakan produk yang ditawarkan, maka seorang Field Officer dituntut untuk bisa menjelaskan dengan detail dan lengkap mengenai produknya, misalnya apa kegunaan produk itu,  bagaimana cara pakainya, apa kelebihannya dan lain sebagainya. 

5. Survei Langsung ke Lapangan

Tugas lainnya dari Field Officer adalah melakukan survey langsung ke lapangan untuk mengetahui seberapa puas pelanggan menggunakan produk yang dijualnya. Survey bisa berupa kuesioner atau pertanyaan langsung ke pelanggan. 

6. Memenuhi Target Penjualan

Field Officer juga bertanggung jawab dalam memenuhi target penjualan. Target penjualan biasanya ditentukan per bulan oleh perusahaan. Bila dapat melebihi target penjualan biasanya seorang Field Officer akan mendapat insentif khusus dari perusahaan tempatnya bekerja. 

7. Mendata Pelanggan

Salah satu tugas dan tanggung jawab yang harus diemban seorang Field Officer ialah membuat data pelanggan. Mendata pelanggan dengan mengumpulkan informasi mulai dari nama, alamat, berapa banyak menggunakan produk juga seberapa puas akan produk yang dijualnya. 

Keahlian yang Harus Dimiliki Field Officer

Seseorang yang ingin menjadi Field Officer harus memiliki kualifikasi atau keahlian berikut ini, agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik:

1. Kemampuan Dalam Bernegosiasi

Seorang Field Officer harus mempunyai kemampuan dalam bernegosiasi. Dengan kemampuan ini ia bisa mempengaruhi pelanggan untuk menggunakan produknya. 

2. Pandai Berkomunikasi

Pandai berkomunikasi dan juga bersosialisasi merupakan syarat umum untuk menjadi seorang Field Officer. Mengingat pekerjaan ini berhubungan langsung dengan banyak orang dengan tugas menawarkan serta mempromosikan produk. Untuk menjalankan tugas tersebut tentunya dibutuhkan skill komunikasi yang bagus.  

3. Mampu Menjalankan Program Word dan Excel

Seorang Field Officer juga harus memiliki kemampuan bidang komputer, minimalnya menguasai word dan excel. Meskipun pekerjaannya lebih banyak di lapangan namun ada satu waktu yang mengharuskannya untuk menginput data konsumen dan membuat laporan penjualan. Maka dari itu Field Officer harus menguasai Word dan Excel. 

4. Terbiasa Bekerja dengan Target

Seseorang yang biasa dengan target dalam hidupnya akan lebih mudah menjalankan pekerjaan yang menuntutnya untuk mengejar target. Karena seorang Field Officer bekerja mengejar target, maka dari itu salah satu syarat untuk bekerja di posisi ini adalah terbiasa dengan target.

5. Biasa Terjun ke Lapangan

Syarat atau kualifikasi untuk menjadi seorang Field Officer adalah terbiasa bekerja di lapangan. Tentunya seseorang yang sudah dengan terbiasa akan lebih mudah menjalankan pekerjaannya sebagai Field Officer. 

6. Terampil dan Teliti

Keahlian,syarat atau kualifikasi untuk menjadi seorang Field Officer adalah terampil dan teliti. Dua hal itu sangat dibutuhkan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. 

7. Siap Belajar

Syarat atau kualifikasi lainnya untuk menjadi seorang Field Officer adalah siap dan mau belajar hal apapun terkait dengan tugas dan tanggung jawabnya yang mungkin belum dipahami.

8. Mempunyai Alat Transportasi Pribadi

Seorang Field Officer hampir sepenuhnya bekerja di lapangan karena itulah salah satu syarat wajib untuk melamar posisi ini adalah memiliki alat transportasi sendiri minimalnya sepeda motor. Dengan kendaraan pribadi tersebut ia bisa menjalankan tugasnya dengan mudah. 

9. Bertanggung Jawab

Seorang Field Officer harus memiliki rasa tanggung jawab. Dengan bertanggung jawab itu, maka ia akan berusaha menjalankan tugasnya dengan baik. 

10. Pengalaman Kerja di Bidang yang Sama 

Seorang yang ingin melamar pekerjaan sebagai Field Officer harus memiliki pengalaman yang sama berhubungan dengan tugasnya di lapangan untuk menawarkan produk pada pelanggan.  Misalnya pengalaman menjadi sales yang memiliki tugas mirip dengan Field Officer.

Penghasilan Seorang Field Officer

Penghasilan atau gaji yang didapat seorang Field Officer tentunya tergantung dari ketetapan perusahaan tempatnya bekerja. Tapi, umumnya posisi ini akan mendapat gaji sesuai standar UMR di wilayahnya. 

Biasanya bila dalam sebulan bisa melebihi target penjualan yang ditetapkan perusahaan, maka seorang Field Officer juga akan mendapat insentif tambahan diluar gaji pokoknya. 

Keuntungan Menjadi Seorang Field Officer

Menjadi seorang Field Officer akan mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu:

1. Penghasilan Menarik

Seorang Field Officer akan mendapat gaji pokok sesuai UMR di wilayahnya bekerja. Ditambah dengan bonus bila bisa melebihi target penjualan per bulannya. 

2. Banyak Pengalaman

Bekerja terjun di lapangan dan bertemu banyak orang untuk menawarkan produk. Tentunya akan membuat seorang Field Officer memiliki banyak pengalaman, bisa mengenal orang dengan berbagai karakter dan juga bisa mengunjungi banyak tempat. Tentunya pekerjaan ini tidak membosankan bagi mereka yang tidak betah hanya berdiam diri di satu tempat saat bekerja. 

3. Mengembangkan Skill

Biasanya perusahaan akan memberikan pelatihan untuk beberapa posisi tertentu yang bertugas memenuhi target penjualan, dan Field Officer termasuk yang mendapatkan pelatihan tersebut. Karena itulah seorang Field Officer harus siap dan mau belajar lewat pelatihan yang diberikan. 

4. Tidak Terikat Jam Kantor

Hampir semua pekerjaan yang terjun langsung ke lapangan tidak terikat dengan jam kantor, dan itu juga berlaku untuk posisi Field Officer. Artinya mereka bekerja dengan waktu yang fleksibel, mengatur sendiri waktunya. Yang terpenting target yang ditetapkan perusahaan bisa mereka penuhi. 

Itulah informasi mengenai tugas dan tanggung jawab seorang Field Officer, kualifikasi hingga keuntungan yang didapatkannya. Tertarik menjadi Field Officer?

Leave a Comment