10+ Tugas Admin Marketing Terupdate 2023 - Blog Loker Jember

10+ Tugas Admin Marketing Terupdate 2023

Admin marketing merupakan salah satu profesi yang memiliki banyak peminat. Hanya saja tidak semua orang memenuhi kualifikasi untuk menjalankan tugas admin marketing. Memang apa saja sebenernya tugas dari admin marketing ini? Simak pembahasannya.  

Mengenal Admin Marketing

Sebelum mengetahui tugas admin marketing, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui apa itu admin marketing. Jadi admin marketing adalah orang-orang yang memilki tugas untuk melakukan persiapan dan melakukan kegiatan pemasaran dan promosi.

Kegiatan pemasaran, dan promosi ini harus mampu tepat sasaran supaya tujuan dari pemasaran ini dapat tercapat. Karena itu salah satu skill admin marketing yang harus dipenuhi adalah komunikasi, dan juga pemasaran.

Secara lebih terperinci, tugas serta tanggung jawab dari admin marketing diantaranya juga berkaitan dengan pencatatan penjualan, unggah produk, dan juga melakukan rekapan terhadap pesanan. Selain itu admin marketing juga melayani konsumen yang akan memesan. 

Karena merupakan seorang admin, maka hubungan yang dilakukan akan langsung dengan konsumen. Misalnya terdapat pertanyaan, kritik, ataupun saran dari konsumen. Admin dapat memberikan feedback ataupun follow up yang kiranya sesuai.  

Baca Juga: Tanggung Jawab dan Jobdesk Sales Promotion Girl

Tugas Admin Marketing 

tugas admin marketing

Sebenarnya tadi sudah diberikan garis besar terkait dengan tugas admin marketing. Hanya saja di sini akan diberikan penjelasan yang jauh lebih rinci lagi terkait dengan tugas dari admin marketing, dan beberapa tugas tersebut diantaranya. 

1. Mengurus Data Penjualan

Semua hal yang berkaitan dengan arus keluar masuk penjualan akan dipegang langsung oleh admin marketing melalui beberapa tugas-tugas kecil. Seperti memeriksa ulang status data penjualan yang sudah, ataupun belum masuk secara lebih terperinci.

Menginput data penjualan harian ke sistem supaya pengarsipan jauh lebih tertib. Selain itu admin juga melakukan follow up dan tagihan dari penjualan yang belum terhitung masuk ke dalam sistem, dan juga menyelesaikan masalah teknis yang menghambat pendataan. 

2. Membuat Laporan

Sebenarnya membuat laporan ini bukan yang utama dalam tugas admin marketing hotel, kantor, dan admin marketing lainnya. Hanya terdapat segelintir tugas kecil dalam menyusunnya, termasuk dalam membuat laporan akhir bulan berupa faktur penjualan.

Di dalam faktur penjualan terdapat tagihan yang nantinya akan dicek oleh admin supervisor. Biasanya admin menuliskan tentang transaksi pada periode tertentu, mendistribusikan salinan invoice, dan membantu supervisor admin untuk melakukan pengurusan terhadap seluruh laporan. 

tugas admin marketing

3. Melakukan Pengecekan Ulang Hasil Data yang Dimasukkan

Data yang sudah dimasukkan juga tidak dapat langsung diupdate, melainkan harus terlebih dahulu mengalami pengecekan kembali supaya tidak ada kesalahan. Karena kesalahan sekecil apapun, dapat memberikan dampak yang lumayan nantinya.

Oleh karena itu lakukan input data ini setiap hari, dan jangan sampai menumpuk. Jadi nantinya ketika ada perbedaan antara invoice dengan data perusahaan, admin dapat langsung melakukan cross check ke pelanggan ataupun sistem. 

4. Mengelola Database Customer

Tugas admin kantor yang selanjutnya adalah mengelola database pelanggan yang merupakan kebutuhan paling penting karena berkaitan dengan penjualan lebih besar. Database ini dapat menjadi sarana bagi perusahaan untuk dapat menjangkau lebih banyak konsumen. 

Tanggung jawab ini diberikan kepada admin marketing, yang juga memiliki tugas untuk memberikan informasi baru yang berkaitan dengan data pelanggan. Tentunya pekerjaan ini tidak hanya akan dilakukan oleh satu admin marketing saja. 

5. Melakukan Kegiatan Administrasi dan Pengarsipan

Admin marketing juga melakukan kegiatan administrasi dan pengarsipan. Jadi setelah seluruh data yang diinput sudah lengkap dan terorganisir, data tersebut akan dimasukkan ke dalam arsip supaya dapat tersimpan dengan baik.

Tentunya sifat rekap ini harus ditata secara urut, dan memiliki sifat yang sistematis. Tujuannya agar pencarian data mudah dilakukan, terutama ketika dalam keadaan darurat atau adanya penjualan ulang. Rekapan ini tidak hanya tentang data penjualan saja. 

6. Melakukan Proses Penjualan

Tidak hanya mempersiapkan saja, tapi admin marketing ikut dalam melakukan proses penjualan baik berpartisipasi secara aktif, maupun pasif. Karena nantinya admin akan bertanggung jawab juga dalam pencatatan proses penjualan ini. 

Beberapa proses penjualan tersebut diantaranya seperti menerima pesanan dari konsumen, dan melakukan pencatatan, kemudian melihat stok yang ada. Admin juga bertugas untuk mencetak surat pesanan, dan menyampaikan ke bagian gudang produksi. 

7. Promosi ke Pelanggan

Tugas admin advertising atau admin marketing tentunya harus berkaitan dengan promosi kepada pelanggan. Nantinya admin marketing akan memanfaatkan berbagai macam platform sosial media untuk menawarkan berbagai promosi baru dari perusahaannya.

Tentunya promosi ini tidak hanya dilakukan kepada pelanggan tetap saja, tapi juga ke calon pelanggan. Promosi ini dilakukan berkala, dan admin marketing juga akan melakukan follow up terhadap pelanggan-pelanggan yang memiliki potensi. 

8. Penawaran Langsung ke Pelanggan

Tidak hanya melakukan promosi ke pelanggan, tapi admin marketing juga dapat melakukan penawaran langsung kepada pelanggan ataupun calon pelanggan. Penawaran ini biasanya berupa direct mail yang sifatnya persuasif untuk dapat mempengaruhi pelanggan. 

Admin marketing juga harus mampu menyusun proposal, terutama ketika target konsumennya bukan lagi individu melainkan perusahaan. Tujuannya agar penawaran terkesan lebih profesional, dan target dapat mempertimbangkan penawaran yang diberikan. 

9. Mengunggah Produk

Di beberapa perusahaan ada yang memberikan tugas kepada admin marketing untuk mengunggah produk yang dimiliki oleh perusahaan. Mengunggah produk ini dapat dilakukan di website resmi perusahaan, sosial media, ataupun marketplace milik perusahaan. 

Karena tidak semua perusahaan, maka sebelum melakukan hal ini biasanya admin marketing akan terlebih dahulu dilakukan pelatihan. Tujuannya agar admin marketing mampu mengunggah produk yang persuasif dan memberikan pengaruh terhadap pelanggannya. 

10. Membalas Chat Konsumen 

Sekarang ini admin marketing juga sudah mulai merambah ke dunia online, dan salah satu tugas admin marketing online adalah memberikan respon terhadap chat konsumen. Baik itu berupa pertanyaan, kritik, ataupun saran wajib diberikan feedback yang sesuai. 

Di tugas ini admin tentunya harus memberikan balasan yang cepat supaya tidak membuat pelanggan menunggu lebih lama. Karena kalau pelanggan menunggu terlalu lama, dikhawatirkan pelanggan akan beralih ke perusahaan lain. 

11. Memberikan Informasi

Tidak hanya menjawab pertanyaan saja, tapi admin marketing juga memiliki tugas untuk memberikan informasi terhadap pengguna. Karena itu admin marketing wajib memiliki pengetahuan mendasar terkait dengan produk yang dijualnya. 

Hal ini juga termasuk ke dalam promo, apabila perusahaan mengadakan promo maka admin marketing akan menyampaikannya kepada konsumen. Baik itu secara masal melalui website, ataupun pribadi ke whatsapp, ataupun email konsumen. 

12. Melakukan Riset

Tugas admin marketing yang terakhir adalah melakukan riset. Riset ini berkaitan dengan hal yang sedang menjadi tren saat ini, atau hal-hal yang tengah viral dan menjadi kebutuhan pelanggan supaya dapat memudahkan proses promosi menjadi lebih efektif. 

Hal ini penting supaya perusahaan dapat melakukan evaluasi juga terhadap produk yang dijualnya, apakah sesuai atau tidak. 

Memang kalau diperhatikan tugas admin marketing ini lumayan banyak, namun sebenarnya apabila diperhatikan kembali semuanya saling berkaitan. Jadi tidak terlalu jauh melenceng dari skill utama yang harus dimiliki, dan job desc utama dari admin marketing.

Leave a Comment