5 Tips Penting Sebelum Memulai Bisnis Online Shop

Ada banyak keuntungan untuk memasarkan barang dagangan secara online.  Selain kemudahan mencapai pasar yang lebih luas, pebisnis juga tidak perlu repot-repot menyediakan toko fisik. Sebelum memulai jualan secara online, para pelaku bisnis perlu mengetahui bagaimana cara berbisnis online.

Untuk para pemula yang tidak memiliki modal atau modalnya terbatas, sda 5 tips penting sebelum memulai bisnis online shop, yaitu sebagai berikut :

Tips Memulai Bisnis Online Shop

1. Tentukan Platform Sebagai Tempat Anda Untuk Berbisnis Online

Saat ini banyak tersedia platform untuk berbisnis online baik melalui media sosial maupun e-commerce. Namun begitu, salah satu hal yang penting yang perlu diperhatikan adalah menentukan jenis produk dengan platform  yang digunakan untuk berbisnis online sehingga jumlah penjualan dapat maksimal.

Sebagai contoh jika produk yang dipasarkan untuk segmen kaum muda, maka digunakan media sosial seperti instagram atau tiktok. Namun, jika segmen produk adalah orang tua, maka media sosial yang digunakan adalah facebook atau whatsapp. Selain menggunakan media sosial, untuk berbisnis online. Cara berbisnis online yang lain adalah melalui e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya.

Selain menggunakan media sosial dan melalui e-commerce. Untuk melakukan bisnis online shop dapat dilakukan dengan memiliki situs web khusus untuk menjual produk. Website tersebut ada yang gratis dan berbayar.

Web gratis itu menggunakan situs web blogging seperti WordPress, BlogSpot, atau Tumblr. Sedangkan website berbayar itu terlebih dahulu harus membeli domain murah DomaiNesia dan hosting dari situs web penyedia layanan tersebut.

Perbedaan dari website gratis dan berbayar adalah jik a pada web gratis ini umumnya tidak dapat menampilkan sebanyak dan sebanyak mungkin situs web berbayar. Ada batasan tertentu yang hanya bisa hilang jika telah melakukan pembayaran sejumlah uang kepada penyedia layanan situs web gratis.

Dan untuk menikmati pengalaman browsing yang lebih aman, website kamu bisa kamu install SSL certificate terbaik dan harga terjangkau dari DomaiNesia.

2. Menggunakan Suppllier atau Distributor Yang Terpercaya

Jika ingin memulai berbisnis online tanpa modal, maka yang perlu dilakukan adalah dengan menjadi reseller. Yaitu menjualkan produk milik orang lain. Dimana, supplier atau distributor tersebut menerapkan sistim dropship.

Dalam sistim ini reseller hanya sebagai perantara antara konsumen dan distributor. Dimana, reseller akan menerima order dari konsumen dan menyampaikan ke pihak supplier. Lalu supplier akan mempersiapkan semuanya dari proses pengemasan hingga pengiriman barang.

Untuk menjadi reseller, pastikan menggunakan supplier dan distributor yang terpecaya untuk menghindari adanya penipuan.

3.  Mengatur Desain Online Shop

Faktor penting lainnya dalam berbisnis onlie adalah mengatur desain online shop. Hal ini penting karena nantinya akan menjadi ciri khas online tersebut, dimana nantinya akan dapat meningkatkan brand awareness online shop tersebut.

Dengan meningkatnya brand awarenes, maka akan meningkatkan jumlah pengunjung di online shop tersebut. Dimana, hal ini akan dapat membuat jumlah transaksi penjualan juga meningkat.

Sebagai contoh, jika produk yang dipasarkan adalah produk perlengkapan bayi. Maka desain online shop yang digunakan adalah warna-warna pastel cerah. Jika produk yang dipasarkan adalah perlengkapan pria, maka tema desain online shop yang digunakan adalah warna-warna gelap dan netral seperti hitam atau navi.

Selain menetukan desain online shop, aspek lainnya yang perlu diperhatikan adala menetukan  nama merek online shop yang dimiliki dengan hati -hati. Nama merek adalah identitas bisnis online. Karena itu, Pemilik online shop harus memikirkan dengan cermat tentang nama yang akan dipilih. Mempertimbangkan rebranding di tengah jalan tidak mudah dan murah.

Dalam melakukan pemilihan nama, pemilik online shop harus memilih nama yang unik tetapi tidak terlalu sulit untuk ditulis dan diucapkan.

Tidak perlu menggunakan kata -kata yang tidak biasa. Karena, jika nama yang dipilih terlalu sulit untuk dikatakan dan ditulis, bagaimana orang lain bisa mengingatnya. Jika tidak ada yang bisa mengingatnya maka tidak ada yang dapat menemukan online shop tersebut.

4. Selalu Update Produk Pada Halaman Online Shop

Setelah menentukan tema desain online, maka yang perlu dilakukan dalam beronline shop adalah melakukan update produk pada halaman online shop.

Dalam melakukan update produk itu tidak sekedar hanya melakukan upload foto produk saja. Tetapi, perlu memperhatikan aspek-aspek lainnya, seperti :

  • Foto yang ditampilkan terlihat profesional
  • Adanya katalog produk yang dibuat secara serius
  • Penerapan harga produk yang cocok
  • Adanya deskripsi produk yang jelas dan lengkap

Dalam menetukan aspek-aspek tersebut diatas, seseorang yang memiliki bisnis online shop perlu membandingkan dengan online shop pesaing.

5. Selalu Rajin Melakukan Promosi Produk

Meskipun memiliki onlise shop yang bagus dan produk yang lengkap, jika tanpa adanya promosi maka akan menjadi sia-sia. Karena, hal ini akan membuat konsumen tidak mengetahui keberadaan online shop tersebut.

Dengan selalu melakukan promosi produk, maka konsumen akan mengetahui adanya online shop tersebut. Promosi produk tersebut dapat dilakukan melalui media sosial seperti facebook, whatsaap, tiktok, instagram.

Dalam melakukan promosi produk tersebut dalam berupa foto atau video. Dimana foto atau video tersebut dibuat semenarik mungkin sehingga konsumen tertarik untuk membelinya. Dan, untuk melakukan promosi produk tersebut juga dapat ditambahan gimmick marketing untuk menarik para konsumen untuk membelinya misalnya dengan memberikan diskon produk yang menarik.

Inilah 5 tips penting sebelum memulai bisnis online shop yang dapat diterapkan. Mudah untuk diterapkan, dan pastinya perlu kesabaran untuk menjalankan bisnis online shop tersebut.

Leave a Comment