Pengertian Sales Officer, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Sales Officer merupakan suatu profesi yang berperan penting dalam perusahaan distributor, produsen atau jasa. Tanpa seorang Sales Officer sebuah perusahaan akan sulit mencapai target penjualan setiap bulannya, karena penjualan adalah target utama dari perusahaan untuk meraih keuntungan. Artikel ini akan membahas pengertian sales officer secara detail.

Sales yang berarti penjualan adalah aktivitas menjual barang atau jasa dari suatu perusahaan atau perorangan pada konsumen. Tujuan penjualan tak lain adalah untuk mendapat keuntungan serta memperluas jangkauan pasar.

Pengertian Sales Officer

Sales Officer adalah karyawan pada suatu perusahaan yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menjual produk atau jasa perusahaan kepada calon pelanggan dan pelanggan. Seorang Sales Officer harus bisa memastikan bahwa produk yang ditawarkannya laku terjual sesuai perencanaan perusahaan.

Sales Officer menjadi garda terdepan dalam  perusahaan untuk bisa mempromosikan dan menjual produk atau jasa.

Seorang Sales Officer harus bisa membangun hubungan baik dengan para klien atau pelanggannya, sehingga target penjualan perusahaan bisa tercapai. Sales Officers ini biasanya masuk dalam divisi Marketing di suatu perusahaan.

Tugas Sales Officer

Sales Officer memiliki banyak tugas yang harus dipenuhinya agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Berikut tugas dari seorang Sales Officer

1. Menjual Produk ke Calon Pelanggan

Tugas utama Sales Officer yaitu menjual produk kepada calon pelanggan. Setiap Sales Officer diberikan target harian, mingguan hingga bulanan yang harus dipenuhi lewat penjualan produk tersebut. Kemampuan dalam memenuhi target itulah yang akan dinilai perusahaan sebagai performa kerja seorang Sales Officer dalam menjalankan penjualan produk.

2. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Zaman sekarang penjualan tidak harus dilakukan pada end user. Seorang Sales Officer bisa saja bekerja untuk perusahaan distribusi yang menerapkan  target market B2B.

Oleh karena itu, akan selalu ada kebutuhan administrasi penjualan dari konsumen yang harus dipenuhi. Seperti kontrak, pembayaran hingga data-data produk  yang akan dibeli pelanggan.

3. Menjalin Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Dengan adanya sales officer hubungan dengan pelanggan juga diharapkan dapat terjalin  dengan baik. Menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan juga menjadi tugas penting seorang sales officer. Dengan menjalin hubungan baik pula antara produsen dan konsumen akan membuka peluang konsumen untuk melakukan repeat order atau pembelian berulang kali.

4. Menghubungi Pelanggan

Bukan hanya menunggu konsumen yang datang, Sales Officer juga harus berani mencari konsumen atau istilahnya jemput bola. Caranya dengan melakukan follow up terhadap konsumen yang pernah membeli,  dan menghubunginya langsung untuk membuka peluang penjualan.

5. Membangun Citra Perusahaan

Bertugas dengan berhubungan langsung dengan konsumen membuat seorang Sales Officer harus aware tentang citra perusahaan. Penting baginya untuk selalu menampilkan diri serta memberikan penawaran produk yang terbaik. Kinerja dari officer sales yang baik secara tidak langsung merupakan bentuk peningkatan citra perusahaan dan promosi produk pada calon pelanggan.

6. Membaca Adanya Perubahan Pasar

Tugas lainnya dari seorang Sales Officer yaitu membaca adanya perubahan pasar. Sales Officer harus tahu apa tren pasar saat ini untuk memudahkan dalam memberikan penawaran produk. Karena keinginan konsumen pasti berubah sesuai dengan perubahan pasar.

7. Bekerjasama Dengan Divisi Lain

Sales Officer juga dituntut harus bisa bekerja sama dengan divisi lainnya seperti divisi marketing, gudang, administrasi dan lainnya yang ada di perusahaan tersebut. Karena semua kebutuhan penjualan akan saling terkait antar divisi tersebut.

8. Membantu HRD Rekrutmen Karyawan

Sales Officer yang sudah senior juga tak jarang diminta pihak HRD dalam rekrutmen karyawan baru. 

9. Menerima Kritik dan Saran dari Konsumen

Seorang sales officer  juga harus bisa menerima kritik dan saran dari konsumen. Semua kritik maupun saran dari konsumen harus ditampung dan dijadikan bahan evaluasi untuk perusahaan kedepannya.

Jenjang Karir Sales Officer

Sales Officer adalah suatu posisi dalam perusahaan yang memiliki jenjang karir.  Tahapannya diawali dari menjadi sales representative yaitu posisi paling bawah dari seorang sales atau pemula. Kemudian diatasnya ada sales management yang akan memimpin beberapa sales representative. Setelah itu naik lagi menjadi sales administrative dan di atasnya lagi ada sales executive yang merupakan posisi tertinggi dari sales.

Keuntungan Menjadi Sales Officer

sales officer

Sales Officer memiliki banyak tugas serta tanggung jawab yang bila dilakukan semua cukup berat. Namun banyak keuntungan yang didapatkan dari seorang Sales Officer, antara lain:

1. Penghasilan Tinggi

Penghasilan sales officer biasanya didapat dari gaji pokok serta insentif berdasarkan target penjualan yang diraih. Bila bisa mencapai target, maka penghasilan Sales Officer lebih tinggi dari karyawan dengan posisi serta jabatan yang sama.

2. Jenjang Karir

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa posisi Sales Officer memiliki jenjang karir. Sehingga banyak kesempatan untuk naik jabatan. Dengan kinerja penjualan yang baik akan sangat menguntungkan perusahaan. 

Seorang Sales Officer yang dapat menciptakan hubungan baik dengan para pelanggan, tentunya akan membawa keuntungan jangka panjang bagi perusahaan serta memberikan kesempatan bagi Sales Officer itu sendiri untuk naik jabatan.

3. Waktu Kerja yang Fleksibilitas 

Sales Officer kerap kali mempunya waktu kerja yang fleksibel. Mereka dapat mengatur waktu kerjanya sendiri dan bekerja di luar jam kantor bila diperlukan.

Hal itu tentunya bisa memberikan kenyamanan serta fleksibilitas Sales Officer yang punya aktivitas di luar pekerjaan, misalnya kuliah atau mengurus keluarga.

4. Pelatihan Pengembangan Skill 

Sales Officer biasanya mendapatkan kesempatan dari Perusahaan untuk mengembangkan skillnya lewat pelatihan untuk membantu meraih target penjualan. Hal ini dapat meningkatkan keterampilan penjualan serta presentasi, dan juga skill interpersonal dan komunikasi.

5. Mendapat Pengalaman Kerja yang Bermacam-macam

Menjadi seorang Sales Officer akan bertemu dengan berbagai macam orang dan lingkungan kerja yang berbeda. Sehingga bisa menjadi pengalaman berharga serta memperluas jaringan sosial.

Kualifikasi Menjadi Sales Officer

Kualifikasi untuk menjadi Sales Officer bisa bervariasi tergantung dari industri atau perusahaan tempat Sales Officer bekerja. Tapi, secara umum kualifikasi menjadi Sales Officer yaitu:

1. Pendidikan

Untuk menjadi Sales Officer minimalnya berpendidikan lulusan SMA atau setara. Tapi ada juga beberapa perusahaan yang meminta pendidikan lebih tinggi sebagai syaratnya, seperti lulusan diploma atau sarjana.

2. Memiliki Keterampilan Interpersonal 

Seorang Sales Officer harus mempunyai keterampilan interpersonal agar dapat berkomunikasi baik dengan pelanggan, dan penting juga mampu negosiasi dan persuasi.

3. Memiliki Kemampuan Analisis 

Sales Officer harus mampu menganalisa pasar serta membaca apa yang sedang tren untuk memprediksi kebutuhan konsumen serta mencari peluang penjualan.

4. Memiliki Keterampilan Teknis 

Sales Officer harus mempunyai keterampilan teknis dalam menggunakan perangkat lunak untuk penjualan, misalnya aplikasi CRM, serta teknologi komunikasi seperti telepon, email dan lainnya.

5. Mampu Bekerja Sama dalam Tim 

Sales Officer harus mampu bekerja dengan mandiri maupun bersama tim, dan bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja.

6. Memiliki Orientasi Hasil dan Target 

Seorang Sales Officer harus bisa berorientasi terhadap pencapaian target penjualan serta keuntungan dalam perusahaan.

7. Pengalaman Kerja Bidang Penjualan

Memiliki pengalaman kerja pada bidang penjualan akan menjadi nilai plus saat melamar posisi menjadi Sales Officer.

Itulah tadi penjelasan seperti apa pekerjaan sales officer, mulai dari pengertian sales officer, jobdesk, dan tanggung jawabnya. Kamu juga bisa membaca artikel lain seputar jobdesk Field Officer.

Leave a Comment