Tanggung Jawab dan Jobdesk Sales Promotion Girl

Sales Promotion Girl atau yang dikenal dengan sebutan SPG merupakan profesi yang banyak dijumpai di perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan atau ritel, seperti swalayan, supermarket, hypermarket atau dalam event tertentu yang diadakan khusus untuk mempromosikan suatu produk. Kami akan menjelaskan tentang jobdesk sales promotion girl.

Sales Promotion Girl berperan penting dalam perusahaan untuk melakukan penjualan secara langsung pada konsumen. 

SPG di Indonesia identik dengan gadis belia berpenampilan menarik dan seksi untuk menggoda agar orang membeli sesuatu yang dipasarkannya. Mengingat kegiatan pemasaran itu sangat penting dalam bisnis yang bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Menjadi seorang sales promotion girl itu tidaklah mudah. Harus mampu menarik konsumen agar membeli produk yang ditawarkan.

Oleh  karena itu seorang SPG dalam tugasnya harus memperhatikan beberapa hal wajib seperti penampilan yang harus fresh serta wajib menggunakan make up juga harus mampu memahami berbagai karakter konsumen.

Lantas apa saja tanggung jawab dan juga jobdesk Sales Promotion Girl? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Pengertian Sales Promotion Girl

Sales Promotion Girl atau SPG dapat diartikan sebagai profesi  seorang wanita yang mempunyai tanggung jawab dalam memasarkan produk pada konsumen. Seorang SPG juga bertugas menata dan merapikan produk atau barang di rak supermarket. 

Sales promotion sendiri adalah suatu kegiatan perusahaan untuk menjual produk yang dipasarkan sehingga konsumen dapat dengan mudah melihatnya, karena penempatan dan pengaturannya yang tepat.

Jenis Sales Promotion Girl

Terdapat dua jenis sales promotion girl yaitu reguler dan event:

  1. SPG Reguler

Yaitu karyawan tetap pada sebuah perusahaan yang bertugas untuk mempromosikan produk serta wajib memiliki pengetahuan terhadap produk yang ditawarkan. SPG seperti ini biasanya bekerja di swalayan/supermarket/hypermarket.

  1. SPG Event 

Yaitu sales promotion girl yang dibayar khusus saat suatu produk ingin masuk dalam sebuah event tertentu untuk mempromosikan produknya. SPG ini hanya bekerja bila event sedang berlangsung saja.

Tanggung Jawab Sales Promotion Girl

Seorang Sales Promotion Girl dibebani berbagai tanggung jawab yang harus dicapai. Berikut tanggung jawab dari SPG:

  1. Mencapai target penjualan
  2. Mencapai produktivitas kerja
  3. Mempunyai banyak pengetahuan yang berkaitan dengan produk yang dipromosikannya.
  4. Memberi informasi serta edukasi pada calon konsumen mengenai produk yang ditawarkan.
  5. Menarik calon konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.
  6. Bersikap ramah pada konsumen saat melakukan promosi.

Jobdesk Sales Promotion Girl

Selain memiliki tanggung jawab seperti yang disebutkan diatas, sales promotion girl juga mempunyai tugas lainnya.  Berikut 10 jobdesk sales promotion girl yang harus dilaksanakan

1. Menawarkan Produk Langsung Pada Konsumen

Seorang SPG memiliki tugas utama untuk menawarkan produk secara langsung pada konsumen. Karena itulah sales promotion girl berperan penting dalam sebuah perusahaan. Lewat SPG-lah penjualan dilakukan secara langsung sehingga produk dapat menjangkau ke masyarakat luas.

Dalam menjalankan tugasnya menawarkan produk pada konsumen, seorang SPG harus memiliki teknik penjualan yang efektif untuk mendongkrak penjualan produk perusahaan. 

2. Memastikan Ketersediaan Produk

Sales Promotion Girl juga bertugas untuk memastikan ketersediaan stok produk agar dapat dibeli konsumen. Jika SPG melalaikan tugas yang satu ini tentunya perusahaan bisa rugi, karena konsumen tidak mendapatkan produk yang ingin dibelinya.

2. Mengelola Produk

Tugas selanjutnya dari sales promotion girl adalah mengelola produk. Mengelola disini dengan cara membersihkan, merapikan, hingga menata produk di rak  atau display swalayan/supermarket/hypermarket. Tugas yang satu ini adalah tugas sehari-hari yang dijalankan SPG. Tujuannya agar produk yang dijual menarik konsumen.

Dalam penataan produk agar terlihat menarik, biasanya perusahaan telah memiliki standar cara penataannya, sehingga seorang SPG tinggal mengikuti standar tersebut.

3. Mempromosikan Produk

Seorang SPG harus mampu mempromosikan produk yang dijual perusahaan yang mempekerjakannya. Promosi tersebut harus disampaikan semenarik mungkin dan jelas agar konsumen mengerti mengenai keseluruhan produk yang dijual dan alasan konsumen harus membeli produk tersebut.

4. Membantu Konsumen Menemukan Produk yang Dibutuhkan

Salah satu tugas seorang sales promotion girl adalah membantu konsumen menemukan produk yang dibutuhkannya.

Dalam hal ini SPG harus punya sifat peka serta empati sehingga bisa membantu konsumen yang ragu serta kurang mengerti pada produk yang akan dibelinya misalnya expired produk, cara penggunaan, dan sebagainya.

5. Menjaga Kebersihan Area Penjualan

SPG umumnya dibagi dalam beberapa area penjualan. Dan dalam area penjualannya terdapat produk serta tempat produk yang dipajang atau showcase juga alat lainnya yang perlu dijaga kebersihannya, agar konsumen merasa nyaman dalam memilih dan melakukan pembelian produk itu.

6. Memberikan Informasi dengan Detail dan Jelas 

Sales Promotion Girl bukan hanya harus mampu memberikan informasi produk dengan jelas dan lengkap, namun juga harus memberikan segala informasi penting terkait program promosi yang diadakan, undian berhadiah ataupun informasi lain yang diperlukan konsumen.

Informasi yang diberikan harus sejelas mungkin karena itu akan berpengaruh besar pada potensi pembelian konsumen. Karena itulah dalam tugasnya yang satu ini seorang Sales Promotion Girl harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi. 

7. Memenuhi Target Penjualan

Salah satu jobdesk dari sales promotion girl yaitu mencapai target penjualan yang ditentukan perusahaannya tempat bekerja.

Biasanya target tersebut ditetapkan per bulan untuk dapat menjual produk yang ditawarkan. Perusahaan juga biasanya akan memberikan reward khusus bagi spg yang dapat memenuhi target penjualan.

8. Mencatat Data Penjualan

Sales promotion girl mempunyai target penjualan produk yang ditetapkan penjualan, karena itulah mereka juga bertugas mencatat data penjualan dalam satu bulan. Bisa dicatat dengan manual ataupun di komputer. Yang terpenting data tersebut harus dicatat dengan lengkap, teliti, dan detail. Sehingga laporan yang dibuat juga lengkap dan akurat.

9. Memberikan Pelayanan Terbaik pada konsumen

SPG juga bertugas memberikan pelayanan terbaik pada konsumen. Caranya seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya bahwa SPG harus memiliki rasa peka dan empati untuk membantu konsumen menemukan produk yang dibutuhkan. 

Saat melakukannya  berikan senyum seramah mungkin, sapa, serta salam dan selalu bersikap ramah tamah supaya konsumen merasa sangat betah dan nyaman berbelanja di swalayan/supermarket/hypermarket tersebut.

10.  Melayani Keluhan Konsumen

Jobdesk lainnya dari SPG yaitu melayani keluhan dari para konsumen yang membeli produknya. Bukan hanya melayani serta memberikan informasi dengan jelas dan detail, namun juga harus mampu melayani keluhan konsumen dan menanggapinya dengan baik dan memberikan solusi terbaik. Hal ini merupakan wujud dari pelayanan prima SPG pada konsumen.

Nah itulah job desk sales promotion girl yang biasa dijumpai di beberapa perusahaan ritel seperti swalayan/supermarket/hypermarket. Untuk menjadi seorang Sales Promotion Girl tidaklah mudah, dibutuhkan penampilan menarik dan skill berkomunikasi untuk membuat konsumen tertarik lalu membeli produk yang ditawarkan.

Leave a Comment