Gaji Daily Worker di Hotel untuk Semua Bagian

Daily worker adalah istilah untuk menyebut pekerja part time atau paruh waktu, khususnya untuk pekerja paruh waktu di hotel. Menjadi daily worker memiliki banyak keuntungan. Bukan hanya mendapat pengalaman kerja di hotel berbintang, tapi juga daily worker akan digaji sesuai dengan bagiannya. Lantas, berapa kira-kira gaji daily worker di hotel? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Gaji Daily Worker di Hotel 

Gaji daily worker hotel berbeda-beda tergantung bagian dan tugasnya, berikut ulasannya:

1. Gaji Daily Worker Bagian Front Office

Front Office merupakan garda terdepan dari sebuah hotel yang tugas utamanya menerima tamu. Front office juga bertugas untuk mencatat proses check-in dan check-out serta memberikan penawaran produk hotel dan membantu tamu.

Tugas front office sebenarnya cukup banyak yang dapat dilakukan seorang daily worker. Dengan gaji bervariasi mulai dari Rp.85.000 – Rp. 95.000 per hari, dan dihitung sesuai shift. Untuk daily worker bagian Front Office ini biasanya hanya 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk menggantikan pegawai front office utama yang sedang libur.

2. Gaji Daily Worker Bagian Runner

Runner adalah seseorang yang bertugas melengkapi towel,  memberikan guest amenities, mengumpulkan linen serta menghitung jumlahnya, dan juga menangani kebutuhan tamu di housekeeping. 

Seorang runner, harus selalu sigap serta memiliki mental yang kuat. Jam kerja bagian  runner mulai dari pukul 3 pagi hingga pukul 11 malam, dan dibagi beberapa shift.

Daily worker runner, akan masuk kerja di salah satu shift dan tidak bekerja setiap hari. Bisa saja, hanya bekerja 3 hari saja dalam satu minggu. Sedangkan untuk besaran gajinya berkisar Rp.70.000 hingga Rp.80.000 per hari.

3. Gaji Daily Worker Bagian Waitress

Waitress bertugas untuk membantu melayani tamu hotel dalam hal makan dan minum. Menjadi waitress tidaklah mudah, karena dituntut untuk selalu bersikap baik serta siap mental.

Dimana pelayanan waitress akan mempengaruhi image hotel tersebut dalam pelayanan tamu. Untuk gaji daily worker waitress, biasanya berkisar antara Rp.80.000 – Rp.90.000 per hari.

Baca Juga: Tugas dan Gaji Casual Hotel Berdasarkan Bagiannya

4. Gaji Daily Worker Hotel Bagian Engineering

Tugas utama engineering hotel adalah menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peralatan yang ada di hotel. Misalnya memperbaiki mesin pemasak yang rusak, listrik maupun AC dan lainnya. 

Untuk menjadi seorang engineering harus paham dengan banyak permasalahan di sekitar hotel. Dan permasalahan yang timbul harus secepatnya bisa diselesaikan. Untuk gaji daily worker engineering sendiri berkisar Rp.125.000 – Rp.140.000 per hari dengan jam kerja selama 8 jam. 

5. Gaji Daily Worker Bagian Banquet

Banquet adalah  petugas yang bekerja membantu perjamuan bila ada event khusus di hotel, seperti wedding, pesta, meeting, seminar, dan yang lainnya. Banquet bertugas melakukan persiapan sebelum acara dimulai dan memastikan acara berjalan dengan baik.

Untuk gaji dari daily worker banquet yaitu antara Rp.90.000 – Rp.100.000 per hari. Untuk melakukan pengaturan dalam sebuah event biasanya butuh beberapa hari. Karena setting yang dilakukan tidak sedikit dan cukup rumit. 

Misalnya, banquet membuat setting perjamuan wedding untuk 500 pengunjung. Dengan pengunjung yang cukup banyak itu, seorang banquet harus melakukan setting yang tepat, supaya acara berjalan lancar.

6. Gaji Daily Worker Bagian Cook

Cook hotel adalah seseorang yang bertugas menyediakan makanan yang dibutuhkan tamu setiap harinya. Seorang cook hotel harus selalu menyajikan hidangan terbaik kepada para tamunya. 

Pekerjaan memasak dan menyajikannya ke para tamu tidaklah mudah, karena itu seorang daily worker cook digaji dengan cukup tinggi dibandingkan bagian lainnya, yaitu berkisar Rp.100.000 hingga Rp.120.000 per hari. Dan bisa saja lebih tinggi bila tamu hotel sedang ramai dari biasanya.

7. Gaji  Daily Worker Bagian Housekeeping

Seorang housekeeping bertugas untuk membersihkan dan merapikan kamar tamu dan semua bagian hotel dari toilet, public area, restroom, lobby, dan taman. Biasanya housekeeping bekerja secara tim dengan sistem shift. 

Untuk menjadi seorang housekeeping hotel harus memiliki skill komunikasi yang sangat baik. Housekeeping juga harus bisa bersikap ramah pada para tamu hotel. Hal ini dilakukan agar para tamu merasa nyaman, dan tentu saja ini akan berpengaruh pada image hotel.   Adapun gaji daily worker bagian housekeeping berkisar Rp.80.000 – Rp.100.000 per hari. 

8. Gaji Daily Worker Bagian Room Boy

Room Boy adalah seseorang yang bertugas dan bertanggung jawab dalam menyiapkan kamar untuk tamu. Mulai dari menyiapkan perlengkapan kamar, mengganti dan membersihkan bedroom, furniture kamar, dan bathroom, mengganti handuk di tiap kamar, mengepel kamar yang tidak menggunakan karpet, serta menggunakan vacuum cleaner untuk kamar yang menggunakan karpet. 

Menjadi seorang room boy harus bisa bekerja sama dengan bagian atau divisi lainnya, mengingat tugasnya berhubungan dengan divisi lain. 

Selain itu, room boy juga harus melaksanakan perintah apapun dari atasannya, membersihkan trolley, membantu bagian laundry mengumpulkan pakaian tamu yang ingin di laundry, mengecek semua kamar dan membuat Room Boy Sheet, serta melaporkan bila ada kehilangan, kerusakan, atau kejadian yang tidak semestinya ke bagian Front Office dan Housekeeping Supervisor. Adapun gaji daily worker bagian room boy berkisar Rp.80.000 hingga Rp.100.000 per hari.

9. Gaji Daily Worker Bagian Steward

Steward hotel adalah seseorang yang bertugas sebagai koordinator yang memimpin, mengarahkan serta mengawasi staff hotel dalam menjalankan pekerjaannya dan melaporkan hasil kerja tim nya pada pemimpin hotel. Dalam menjalankan tugasnya sehari – hari steward ditemani beberapa staf hotel.

Bisa dikatakan tugas dan tanggung jawab seorang Steward Hotel sangat banyak. Steward juga bertugas dalam penyediaan makanan dan segala yang berkaitan dengan restoran hotel, seperti:

  • Menerima telepon masuk dari tamu, dan memberikan informasi bagaimana alur reservasinya, jam buka restoran dan menu yang tersedia juga jumlah meja tersedia di hari itu.
  • Menyambut tamu dan mengkonfirmasikan bila tamu sudah reservasi sebelumnya.
  • Menyiapkan serta mengatur meja tamu.
  • Mengatur dan mengganti peralatan makan sesuai dengan kebutuhan tamu hotel
  • Mengantarkan tamu ke meja yang kosong atau meja yang sudah dipesan.
  • Menyiapkan dekorasi meja dan kursi makan agar lebih estetik.
  • Membersihkan area meja setelah tamu pergi dari restoran hotel.
  • Memberikan air minum dan mengisi ulang ke gelas tamu sesuai permintaan tamu.
  • Menjaga kebersihan serta kerapian menu yang dipesan tamu, 
  • Membantu tugas lain yang diperlukan, misalnya membantu koki dan server jika dibutuhkan
  • Memelihara sanitasi dan keselamatan kerja sesuai SOP hotel.

Dengan tugas yang cukup banyak itu seorang daily worker steward di gaji mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 95.000 per hari. 

Leave a Comment