20+ Bagian Kerja di Hotel yang Pasti Buka Lowongan Kerja - Blog Loker Jember

20+ Bagian Kerja di Hotel yang Pasti Buka Lowongan Kerja

Hotel tentu saja memiliki banyak sekali pekerja yang dapat memastikan proses pelayanan sampai proses administratif berjalan dengan lancar. Bagian kerja di hotel ini biasanya dibagi menjadi beberapa divisi, dan memiliki jobdesc tersendiri.

Namun tidak jarang ada hotel yang mencampurkan beberapa jobdesc untuk dikerjakan hanya oleh satu pekerjaan. Tapi secara garis besar beberapa pekerjaan yang dibutuhkan di hotel terbagi menjadi dua yakni administratif, dan pelayanan. 

Tipe Administratif

Pertama ada tipe administratif, yang biasanya tidak memiliki hubungan langsung dengan pelanggan. Namun begitu pekerja-pekerja ini juga memastikan kalau semua hal yang ada di hotel dapat memberikan pengalaman terbaik kepada tamu hotel. 

1. Marketing dan Iklan

Di bagian pertama ada orang yang tugasnya memberikan promosi hotel kepada tamu sekaligus calon tamu hotel. Posisi ini sangat penting, supaya calon pelanggan dapat mengetahui hotel tersebut, dan nama hotel dapat diketahui oleh masyarakat luas. 

2. Akuntan

Rasanya banyak yang sudah tidak asing dengan istilah pekerjaan yang satu ini, yaitu akuntan. Pekerja ini melakukan pekerjaan di bidang keuangan, yang nantinya akan melakukan pencatatan terhadap arus kas dan bertanggung jawab pada semua aliran dana yang masuk. 

3. Purchasing 

Meskipun sama-sama bekerja di bidang keuangan, tapi keduanya memiliki jobdesc yang berbeda. Pekerjaan ini adalah membeli peralatan yang dibutuhkan di hotel, seperti peralatan makan, peralatan kamar, alat-alat mandi untuk tamu, dsb. 

4. Event Planner

Perencana acara biasanya dibutuhkan untuk membantu tamu dalam menyelenggarakan acara yang diinginkannya. Perencana acara ini ada yang berasal dari internal hotel, dan ada juga yang berasal dari luar namun menjalin kerja sama dengan pihak hotel. 

5. Asisten Manager Hotel

Bagian kerja di hotel yang satu ini memiliki tugas untuk mendukung dan membantu kinerja dari manajer hotel. Karena itu orang yang menduduki posisi ini harus mampu menyiapkan berbagai laporan, dan mengetahui dengan detail kondisi hotel untuk melaporkannya ke manajer. 

6. Manager Hotel 

Ini merupakan jabatan tertinggi yang ada di hotel, karena pekerja ini memiliki tanggung jawab atas segala sesuatu yang terjadi di hotel. Manajer akan memantau jumlah pengunjung, sampai mencari solusi atas masalah yang terjadi di hotel. 

7. Sales dan Marketing

Bagian kerja di hotel yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan promosi. Namun kalau sales dan marketing ini memiliki tugas yang spesifik, karena tidak hanya menawarkan namun memastikan bahwa produk hotel terjual memenuhi standar yang sudah ditetapkan. 

8. Engineering

Pada beberapa hotel besar terdapat engineering yang tugasnya memastikan bahwa semua fasilitas yang ada di dalam hotel dalam kondisi layak dan terpelihara dengan baik. Bagian ini juga memastikan apabila ada fasilitas yang rusak, akan segera diperbaiki. 

9. HRD

Tugas dari HRD ini adalah mengatur bagian SDM, misalnya seperti melakukan perekrutan terhadap pegawai baru. Kemudian HRD ini juga mengatur sistem ketenagakerjaan di hotel supaya berjalan sesuai dengan keinginan.  

Bagian Pelayanan

hotels service

Pertama ada bagian pelayanan hotel, yang tentunya berurusan langsung dengan pelanggan. Dari mulai pelanggan turun, menempati kamar hotel, sampai pelanggan check out dari kamarnya sudah ada pekerja yang mengurusinya. 

1. Resepsionis

Pertama ada resepsionis yang di dunia perhotelan dikenal juga dengan penerima tamu, atau front desk clerks. Sesuai dengan namanya, petugas ini bekerja di bagian depan hotel dan bertugas menerima tamu serta memberikan kamar yang sesuai dengan pesanan tamu. 

2. Pengangkut Barang (Porter)

Setelah dari resepsionis, nantinya akan ada seseorang yang membantu pelanggan untuk membawa barang-barang yang dimilikinya ke dalam kamar hotel. Di beberapa hotel ada juga yang mengenal istilah ini dengan bellboy.

3. Concierge

Mungkin tidak banyak hotel yang menggunakan layanan ini, concierge atau pembuka pintu merupakan pekerja yang aka membantu tamu dalam memenuhi kebutuhan tidak formal. Layanan ini disediakan oleh pihak hotel untuk menjamin kenyamanan tamu. 

4. Housekeeping

Pada saat tamu keluar dari hotel sebentar, ataupun melakukan checkout maka akan ada petugas housekeeping yang merapihkan kamarnya. Petugas ini nantinya akan membersihkan dan merapihkan kamar, dan juga bagian lain dari hotel. 

Baca Juga: Apa itu Cleaning Service, Tugas dan Berapa Gajinya Saat Ini?

5. Pelayanan Kamar

Room service atau pelayanan kamar bertugas untuk memberikan jasa kepada tamu yang sedang melakukan aktivitas di kamar. Misalnya melakukan pemesanan di restoran, dan ingin diantarkan ke kamar ini merupakan tugas dari room service untuk mengantarkannya. 

6. Waiter (Pelayan)

Pekerja ini biasanya ada di hotel yang memang memiliki restaurantnya sendiri. Tentu saja pekerjaan pelayan ini adalah melayani tamu yang datang ke restaurant, seperti mengantarkan pesanan tamu, memberikan menu, dsb. 

7. Staff Dapur

Tentunya staff ini bertanggung jawab di bagian dapur. Sebenarnya ada banyak sekali sub bagian dari staff ini, dan semunya memiliki jobdesc masing-masing. Sebut saja seperti memesan bahan makanan, mencuci piring, sampai membuat makanan. 

8. Supervisor of Guest Services

Sesuai dengan namanya tugasnya adalah mengawasi sekaligus menghire house keeper, front desk, sampai ke concierge. Selain itu juga apabila ada layanan telpon dengan calon tamu terkait pemberian informasi, ini merupakan tugas dari supervisor of guest services.

9. Front Desk Supervisor

Kalau tadi pengawas yang berkaitan dengan keseluruhan pegawai pelayanan, maka sekarang pengawas di bagian meja depan atau front desk. Di sini selain mengawasi, pegawai ini juga berhak memecat atau memberikan denda kepada karyawan yang tidak baik. 

10. Housekeeping Supervisor

Supervisor ini memiliki tugas untuk melakukan seleksi terhadap housekeeper yang baru direkrut kemudian memberikan pelatihan. Sampai nantinya housekeeper tersebut diturunkan langsung untuk menemani dan melayani pelanggan supaya tidak ada kesalahan.  

11. Manajer Dapur

Pekerja ini berbeda dengan staff, karena manajer dapur bertugas juga untuk menilai sekaligus mengawasi kinerja yang terjadi di dapur. Selain itu manajer dapur juga memiliki tanggung jawab untuk menerima pegawai dapur baru, dan memberikan pelatihan terhadapnya.  

12. Restaurant Manager

Di bagian restaurant juga terdapat manager yang memiliki tanggung jawab untuk mengawasi dan memastikan restoran beroperasi dengan baik. Misalnya memberikan pelatihan kepada pelayan supaya dapat melayani pelanggan dengan maksimal dan minim kesalahan.  

13. Executive Chef 

Ini memegang peranan penting, karena berkaitan dengan makanan yang akan disajikan kepada pelanggan. Koki eksekutif ini harus memastikan makanan yang dibuat sesuai dan memiliki kualitas yang dapat membuat pelanggan merasa puas. 

14. Security

Terakhir ada security atau petugas keamanan yang tugasnya adalah memastikan keamanan di hotel terjaga. Tidak jarang juga security ini membukakan pintu mobil ketika ada tamu yang hadir, dan mengantarkannya untuk sampai ke meja resepsionis. 

Mungkin pada beberapa hotel tidak memiliki bagian kerja di hotel yang sudah disebutkan di atas. Karena biasanya menggabungkan beberapa jobdesc untuk dikerjakan pada satu orang, tapi secara garis besar profesinya sesuai dengan yang disebutkan di atas.

Jadi kalau ingin bekerja di hotel, maka hanya tinggal menentukan bagian kerja di hotel yang mana yang paling sesuai dengan keahlian dan dapat dikerjakan dengan maksimal.

Leave a Comment